Sumber : 1900 × 1267 - en.wikipedia.org |
"Citilink saja" itulah jawaban yg muncul dariku ketika ditanya maskapai mana (selain Garuda) yg akan dipakai pada saat nanti akan mengikuti training di Jakarta.. aku lupa apa sudah pernah naik maskapai ini sebelumnya..tpi yg pasti sih jarang terdengar informasi yg kurang baik terkait maskapai ini..baik dalam msalah ketepatan waktu ataupun pelayanan..
Perjalanan saat menuju Jakarta lancar jaya.. namun tidak sebaliknya saat perjalanan balik menuju Denpasar.. kebetulan salah satu teman menggunakan citilink dngan jam penerbangan lbh awal (sekitar jam 10.30), dan ternyata diinformasikan melalui sms bhwa penerbangan ditunda sejam..entahlah bagaimana jadinya, apakah ckup sejam atau pada akhirnya lbh lama lagi..
Aku sih berharap keterlambatan penerbangan siang hari itu tidak berpengaruh kepada penerbanganku berikutnya., apalagi tidak ada informasi awal melalui sms perihal keterlambatan..
Namun harap tinggal harap.. penerbanganku dngan kode QG 852 yg sedianya akan berangkat jam 16.40 ternyata sekitar jam 16.10 diumumkan mengalami keterlambatan sekitar setengah jam dngan alasan peswat blum tiba di bandara.. okee..saya berfikir masih normallah ya setengah jam,ditambah diumumkan untuk penumpang agar ttap standby di sekitar terminal untuk susulan pngumuman.. apalagi berikutnya pesawat sudah ada yg datang dan parkir di pintu C-2.
Namun pikiran tinggal pikiran..
Sekitar jam 17.15 pengumuman pun muncul, namun bukan pngumuman boarding yg diberikan namun pengumuman delay,, ga tanggung2..kali ini diperkirakan hingga sekitar jam 19.. dan tidak perlu menunggu lama untuk melihat reaksi penumpang..
Bberapa penumpang langsung mengerubungi meja informasi, protes keras langsung menggema, pegawai kewalahan dan tentunya pnumpang ingin mndapatkan informasi serta kepastian pemberangkatan yg jelas, manajer diminta untuk turun..
Sepintas jawaban dari team citilink adalah keterlambatan yg bgitu lama terkait dngan slot penerbangan..
Sebenarnya apapun jawaban dari pihak citilink toh tentu kami sbagai pnumpang tidak bisa berbuat apa2 selain mematuhi ketentuan penerbangan tersebut.. namun yg sngat disayangkan adalah mengapa tidak sedari awal diumumkan bhwa pnerbangan delay hingga pukul 19.. saya rasa jika masalah slot pasti pihak citilink sudah mengetahui konsekuensi dari keterlambatan tersebut sedari awal.. dan setiap penumpang mempunyai tujuan yg berbeda2, ada yg untuk bisnis, mengikuti event atau acara, meneruskan penerbangan selanjutnya atau yg pulang kembali ketemu dngan keluarga.

Sempat dri pihak manajemen mngatakan akan ada refund senilai 300rbu jika keterlambatan teruus terjadi.. namun tentu saja ini bukan solusi,, banyak yang tetap tidak puas..terlalu dangkal jika apa2 dikaitkan dengan uang..
Setelah pihak manajemen citilink memberikan garansi bahwa tidak akan ada keterlambatan lagi, maka penumpang kembali ke tmpat duduk masing2.. kemudian saya sempat berfikir..kok ga dpet makanan atau minimal snack yaa..tapi ya sudahlah..mngkin nnti diatas pesawat dibagikan..
Syukurlah sekitar pukul 18.30 pngumuman boarding muncul dan sekitar pukul 19.15 pesawat take off dngan lancar.. di tengah penerbangan awak kabin menjajakan makanan dan minuman ringan, tapii ini dijual lo yaa (sungguh situasi jualan yg baik ya, setelah lelah 3 jam karena delay dan ga bsa kmana2) trus tiba awak kabin di baris tmpat duduk saya, sayapun bertanya..

A: "mas, kita ga dapet snack karena delay ya?"
FA :"Ga ada informasi pak, biasanya diberikan jika delay diatas 2 jam"
A: "Lhoo..mas..qta delay hampir 3 jam"
FA :"Ga ada info pak dri bandara"
Lalu ada penumpang dibelakang saya ikut menyatakan bahwa sblumnya diinfokan bhwa pnumpang akan mndapat makanan saat di pesawat..skali lagi awak kabin pun mngatakan bhwa tidak ada informasi dri team di bandara..samar2 saya mendengar jga ada pnumpang di dpan mnanyakan hal yg sama,, awak kabin berbeda menyarankan untuk nnti ditanyakan saja pada saat mendarat di bandara ngurah rai (repot banget ya, gak ada inisiatif apapun, pokoknya mesti kita yang aktif, gak ada pertanyaan atau protes ya artinya semua berjalan normal dan lancar)
Hanya bisa menghela nafas.. sebenarnya ga lapar sih..hanyaa..yah begitulah..
Saya berkali2 pernah mengalami delay dan sepertinya delay kali ini yg pelayanannya paling mengecewakan, semoga bisa ada perbaikan kedepannya, tidak hanya mnuntut penumpang on time dan tidak akan ada toleransi wktu untuk yg terlambat..yah semogaa...Tapi tetaplah harus disyukuri..pesawat mendarat dngan mulus di bandara dan saya bisa tiba dirmah dngan selamat..
Gak perlulah ada staf citilink yg menyambut kami, tidak perlulah ada pngumuman permohonan maaf secara resmi saat menyambut penumpang di pesawat, tidak perlulah memberi snack apalagi makanan kepada penumpang, ga pentinglah waktu 3 jam yg terbuang penuh emosi..toh msh bnyak pnumpang lain kan..apalah kami inii penumpang yg bnyak bertanya hak yg seharusnya tak perlu dipertanyakan lagi.
Tgl 1 agustus kmaren aku jg delay ampek 3 jam ndik.. penerbangan dr surabaya ke banjarmasin.. untungnya dpt kotakan... Cuma ya itu capek jg diem di bandara... Hehehehe...
BalasHapusTgl 1 agustus kmaren aku jg delay ampek 3 jam ndik.. penerbangan dr surabaya ke banjarmasin.. untungnya dpt kotakan... Cuma ya itu capek jg diem di bandara... Hehehehe...
BalasHapusKe pasar Minggu beli buah semangka
BalasHapusSungguh malang nasib kakak Andika
Hati-hati di pasar banyak maling
Kalau mau delay jangan naik Citilink
Hahahahaha no offense ya. :D
Bro naza : haha..iyaa., kmren bbrapa memang delay jga..cma ke bali aja yg paling parah.. kirain aman2 aja..uda delay eh pelayanan jga ga asik :p
BalasHapusKoko agung: wkwkwk....lupa aku masukin ke blog ttg pantun2 yg aq dengar di pnerbangan kmren.. thanks ya suhu yg hobi traveling uda msuk ke blog apalah apalah..